Pasar Klithikan Pakuncen
Pengangkring


Kategori :
@ 22 Nov 2007 | 08:38:13


teman-teman, ada pasar baru di pakuncen yaitu pasar klithikan pakuncen yogyakarta. mungkin ada yang sudah bertandang ke sana untuk sekedar cuci mata atau bahkan ada yang sudah nyang-nyangan dengan para pedagang klithikan demi mendapatkan barang yang diinginkan. keberadaan pasar ini menggantikan pasar hewan pakuncen yang terletak di jalan hos cokroaminoto, dekat sman 1 teladan jogja, sebelah utara perempatan wirobrajan. bangunannya tingkat tiga dengan satu lowerground yang dibagi dalam empat blok besar. setiap los ada 6-8 petak yang masing-masing berukuran sekitar 2x2 meter persegi tanpa dinding penyekat dengan satu bungker penyimpanan barang dagangan.

kesan pertama rapi, teratur, tertib, bersih, dan konsep yang luar biasa untuk sebuah pasar tradisional.

dari namanya saja sudah jelas menunjukkan bahwa pasar ini khusus untuk jual beli barang-barang yang boleh dikategorikan sebagai hasil klithik atau klithih. bahasa indonesianya itu loak atau bekas. jadi pasar klithikan adalah tempat jual beli barang-barang bekas. mungkin kondisi barang kelihatan masih mulus atau baru, yah 99% baru lah .. tapi tetap saja bekas milik orang lain, atau bahkan bekas curian ... hahahaha

sejak era 80an, saya sudah akrab dengan istilah klithikan. awalnya dari kata klithih, yaitu aktivitas berjalan-jalan santai sembari awas mata memandang barang-barang orang lain yang bisa dibawa pulang, alias maling. hahahaha ... ya begitulah kira-kira terjemahan bebas klithih di zaman saya kecil. sampai saya mendengar istilah klithikan untuk tempat jual beli barang-barang bekas. dulu saya pikir klithikan adalah tempatnya orang-orang jahat berkumpul, maling, penadah, dan sebagainya. dan itu semakin menguat ketika ibunda menyebut klithikan sebagai pasar lanang, pasar yang penuh dengan laki-laki.

tapi sekarang citra negatif di benak saya sudah memudar mengikuti cara pandang saya terhadap gerakan sosial ekonomi bagi kalangan menengah ke bawah itu. tak beda jauh dengan angkringan. angkringan dan klithikan adalah bentuk perjuangan sosial ekonomi bagi sebagian kalangan masyarakat perkotaan. dulu angkringan itu hadir untuk tukang becak, pemulung, atau orang-orang miskin (hampir tiada suara sopran); dengan uang 500 rupiah anda bisa makan nasi dengan lauk kering tempe atau ikan teri, plus teh manis dan sebatang rokok (kalau sekarang ya kurang lebih 2rb-an lah). nah di klithikan itu anda bisa beli tempat lilin, piring, sekrup, sepatu bal-balan, bedhil, pompa, foto bung karno, dll dengan setengah harga barang baru atau bahkan seperempat harga baru.

zaman berkembang. angkringan berubah jenis pengunjung dan fungsinya. demikian juga klithikan. barang yang diperdagangkan lebih beragam, banyak pengunjung yang pakai pomit, mulus, cantik ber-levenstick. yuph, sebagaimana angkringan, klithikan sekarang adalah pusat gaulnya jogja. bosan pacaran di lembah ugm, datanglah ke klithikan. dijamin romantis abis. hahaha

seperti yang teman-teman ketahui, pasar klithikan pakuncen adalah gabungan dari klithikan mangkubumi, pasar kranggan, alun-alun selatan, prapatan ngasem, dan beberapa sudut lokasi di pinggiran jalanan kota jogja. ratusan pedagang berkumpul di sana dengan omzet harian mencapai ratusan ribu rupiah. sebuah koran lokal menyebutkan transaksi harian mencapai ratusan juta rupiah. ada kamera kuno yang rusak dijual seharga 950rb dan di sebelahnya dijual sebuah tutup panci bekas seharga seribu rupiah. teman-teman mau menjual barang di sini juga bisa lho. langsung jual di pasar atau nitip ke pedagang. saya sempat lihat titipan satu set papan catur dengan bidak kayu berukirkan wayang jawa, sangat indah, harganya hampir sejuta.

nah, saya sendiri sedang ingin memperbaiki sepeda onthel saya. di klithikan itu saya mengincar beberapa suku cadang yang dibutuhkan, misalnya standar tengah seharga 15rb, terus lampu depan plus dinamo seharga 15rb, terus boncengan seharga 15rb. mungkin kalau saya bawa 200rb sudah bisa beli suku cadang sepeda onthel lengkap nan komplit. bahkan ada rangka sepeda onthel yang cukup unik bentuknya, dibandrol 125rb. dugaan kuat menyeruak dalam sanubari dompet saya bahwa mereka masih dapat dibawa pulang dengan setengah harga saja. tinggal pasang rai gedheg dan urat leher yg kuat, serta tampang memelas. hahaha

sudahkan Anda bertandang ke pasar klithikan pakuncen? datangilah dan temukan budaya di sana!
Ajang Klithih....

by_anx ngangkring @ 22 Nov 2007 | 22:01:34

sip kang .... wangun sanget ....

... JOGJA.
....

ReTa ngangkring @ 23 Nov 2007 | 06:18:59

Mas Donum....disana disajikan apa aja ya...pakuncen itu deketnya wirobrajan bukan seh....?


kog??

whyeena ngangkring @ 23 Nov 2007 | 06:19:47

Ini pasar yang hasil relokasi itu ya mas? Aku pengen ke sana desember nanti, mau liat-liat. Tapi temenku bilang udah ga asik lagi. Suasananya udah beda, katanya. Kalo dulu jualannya di sepanjang jalan, jadinya asik kalo mo belanja-belanji. Tapi sekarang udah di dalem gedung. Benarkah? Saya agak binun, bukankah di dalam gedung lebih nyaman?

Jadi ga sabar..
Budaya seperti apa yang bakal saya temui di sana ya...??

i wanna grow old with you..
kapan lagi bisa nembak Donum

AB5589YU ngangkring @ 23 Nov 2007 | 23:37:10

kutunggu revisi postingannya, pokoke full review mengupas pasar kuncen bukan hanya dari segi budaya-nya tapi juga dari banyak sisi lain kalo perlu di interview pedagange siji siji, hahehahehahe... posting kok mung telung ler..

dor!


nyuwun tambahan info ne kang

lek yono ngangkring @ 24 Nov 2007 | 01:02:52

lek DT,nek iso yo di tambahi info ne tentang pasar klithikan pakuncen yoo.....
misal e ono opo wae,juk dagangan opo wae,kan sing wong jogja ng luar jogja yo pengin ngerti juga to lek...

oiyo,matur nuwun kritik & saran e yo lek...la nek rego wedhus saiki piro yo lek???hahaha

nuwun

oret...oret...oret... The Lek Yono
wes tak repisi dab

ngangkring @ 24 Nov 2007 | 13:50:56

@by_anx
leres kang, saestu niku, klithih!

@ReTa
sajiannya kumplit mbak, iya benar, di dekat wirobrajan. toilet juga ada. tapi agak kotor ;)

@whyeena
ya, hasil relokasi mbak. di dalam gedung pasar juga asyik lho mbak kalo mau buat jalan2 sama yayangnya. eh ada kereta bayi juga lho ;p

@AB5589YU
sampun dalem repisi dab. ada satu pedagang yang ngaku kalau selama sebulan pertama, mereka dapat uang saku sebesar 20rb/hr ;d

@lek yono
datang, lihat, dan nikmati ;p


my childhood playground

jembar ngangkring @ 25 Nov 2007 | 00:29:44

wow, pasti tempat yang menyenangkan! selalu ada kejutan di tempat seperti ini. saya pernah dapet kamera analog jadul merk mamiya sekor seharga 250ribu aja. jadi, klao berkunjung ke pasar loak, bersiaplah mendapatkan surprise menyenangkan.

Om Donum, saya juga lagi ngincer sepeda tua neh. kalo ada batavus, philips, gazelle, atau raleigh sepuh, kabar-kabari ya. atau entar kapan-kapan, kalo ada umur, kita hunting bareng ke pasar klithikan pakuncen yuk?

kopi joss atau jadah bakar, beres, biar saya yang bayar!

semoga jadi bapak yang baik
repisi disetujui

AB5589YU ngangkring @ 26 Nov 2007 | 03:28:54

..ini baru postingan.

ahh... perjalanan panjang pethikbumi akhirnya berakhir dengan win win solution, semoga kuncen bisa tetep berkembang..

untuk yang kepaten rejeki sekitar mangkubumi, semoga berlapang dada, anda berkorban untuk ketertiban Yogya tercinta..


tombo kangen

kopimorning ngangkring @ 30 Nov 2007 | 08:17:10

koyo nemu sendang ing sajroning ruweting kutha gede, bar maca tulisane denmas ableh. suwi tenan ora nulis... sepisan nulis marahi tentrem, eh... basa indon full to... wah sampe ta komen boso jowo le.. aku bar tindak2 neng blog boso jowo... yowis, muga kota yojo ytc. ga jadi kutha kapitalis.

thx infone, aku malah ga ngerti pasar sapi wis berubah fungsine.. jd pasar klithikan.

::::: memento mori :::::
Indon??

Fathdjri ngangkring @ 01 Dec 2007 | 21:06:48

Whadup with INDONESIA? ?? #@$% why indon? *&^$#@%

### ingatlah he poro sedulur, awake dhewe iki calon mayit ###
Indon??

Fathdjri ngangkring @ 01 Dec 2007 | 21:11:07

Neng kopimorning? ... kopyor kopyor

Whadup with INDONESIA? ?? #@$% why indon? *&^$#@%

Mati-matian kita bela kata INDONESIA di berbagai forum inet (terutama ama orang2 malays), knapa koe pake kata-kata indon ??? .... cape deh ...&^%$$#@!#@

....

### ingatlah he poro sedulur, awake dhewe iki calon mayit ###
Nggolek buku bekas ono ora?

Duljoni ngangkring @ 02 Dec 2007 | 13:50:00

Weeh, Pakuncen iku cerak karo omahku ( omahe bapakku sakjane..ding ) ning Jl. Wates. sayang aku lagi nyasar ning ngGurun pasir iki :-( Kiro-kiro ono sing dodol buku-buku zaman mbiyen ora yo mas, taun-taun mongso Ejaan lama sing tulisane isih kOEtOEnggOE , kaDJa lan liyane? Opo majalah boso Jowo sing wis ora terbit koyo Djoko Lodhang. Mbiyen nek nggolek, sok blusukan ning Shopping,mbuh saiki isih ono ora...( shopping-e )
@kopi morning : ngati-ati mas,istilah indon lagi sensitif saiki. Aku sing TKI krungu wae mak 'sengkring'. Mbok menowo sampeyan mpun ngertos yen istilah 'kaum indon' iku sing di-nggo wong-wong Malaysia kanggo sedulur TKI dengan maksud merendahkan alias rasis. Dadi, aku maklum nek mas Fadjri duwe comment :........cape deh.

Sopo TEKUN nggolek TEKEN bakal TEKAN
sabar..sabar

AB5589YU ngangkring @ 02 Dec 2007 | 22:06:19

@ Om fadjri

tenang Oom, jeng Kopi ki tangga-ku sak RW, semangat bela negara dijamin teruji lulus, pemakaian kata itu mbok menawa moro moro keyboard lagi macet, disepura ya Oom

Wes tha Om, tak jamin tidak ada campur tangan provokasi bangsa "maling" dibalik smuanya.

merdeka!


lek theooo...

lek yono ngangkring @ 03 Dec 2007 | 08:22:41

lek theo...
wis duwe postingan anyar neh urung???
nek uwis duwe,mbok gek mosting eneh...hehehe.ben angkringan soyo rame..haiyo tooo????

oret...oret...oret... The Lek Yono
whalaaah..

Duljoni ngangkring @ 03 Dec 2007 | 11:42:54

Lho, kopimorning niki diajeng to.. nyuwun pangapunten tenan,lha kulo koq mboten nggatekaken babar blas..
Mbak,saget nyuwun pirso blog boso jowo-ne nopo nggih?
bok menawi saget mampir mekaten

Sopo TEKUN nggolek TEKEN bakal TEKAN
perkoro indon

kopimorning ngangkring @ 04 Dec 2007 | 22:08:28

nyuwun pangapunten dumateng ingkang "mak sengkring" kula ngagem ukara 'indon', amargi basa malingsia kagem warga indonesia ingkang pados pangupaboga ing nagari punika wau.

saya pribadi terlanjur sreg dengan istilah 'indon' ini (meskipun konotasinya rendahan dsb), karena mau pake indo (ini utk blasteran, kebetulan saja konotasinya tinggi :P), trus... kalo mau cari padan kata pengganti 'indon' yg menunjukkan kita warga RI (tanpa peduli status suku: jawa, menado, madura, cino, mbatak, dsb) apa donk...

saya mau lho memakai istilah padan kata itu... ^_^

@ fadjri: saya gak ikutan forum tsb, nggak tau apa yg terjadi terhadap pemakaian kata 'indon', mudah2an... ada solusi buat mencari padan kata 'indon' yg positif, indie... bukan, indo... bukan, indonesian... kedawan. jangan marah2 ya, mari kita cari solusinya :)

@ Duljoni: ayo nulungi mikir... padan kata yg mewakili kita warga RI selain indonesian. suwun

::::: memento mori :::::
nambah

kopimorning ngangkring @ 04 Dec 2007 | 22:16:03

@ mas AB5589YU :
ga salah ketik kok dab... memang pake 'indon'. saiki piye carane golek gantine ukara: indon.

inlander? walah2... *gedeg2*

::::: memento mori :::::
sak karepmu wae lah

Fathdjri ngangkring @ 06 Dec 2007 | 03:35:30

@Kopiomarning

Yo wes sak karepmu, kui hak mu lan pikiranmu.
Mungkin koe rung ngrasake dadi babu ning malays?????
(minimal sedulurmu opo koncomu opo kenalanmu)

Rung tau kon mlaku jongkok lewat imigarsine malays karo di pentungi karo di sumpah serapahi " he babi indon jongkoklah kau jalan macem babi makan tai "....

Sak karepmu, aku ra arep ngeruh-ruhi meneh.

Pesenku nggak usah nyari padan kata Indonesia dengan kata yang laen ... cukuplah INDONESIA.

So whot ????

cape deh..

wis aku mulih sik

--

### ingatlah he poro sedulur, awake dhewe iki calon mayit ###
Siji meneh

Fathdjri ngangkring @ 06 Dec 2007 | 03:40:27

just share

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/

http://ihateindon.blogspot.com/

### ingatlah he poro sedulur, awake dhewe iki calon mayit ###
sabar..sabar (2)

Duljoni ngangkring @ 06 Dec 2007 | 07:19:55

wadhuh.. koq dadi ngene to mas mbak kabeh.Soko pasar Klithikan dadi tekan Malaysia... adoh temen. Nyuwun sewu sanget mbak kopimorning, disuwun tepo seliro-ne mboten ngagem istilah meniko wonten mriki nggih.. ngantos angsal ukara gantosipun ( bener ora ya boso jowoku iki??). Bukannya membatasi hak & kebebasan sampeyan lho, tp biasane wong Jowo khan seneng ngalah kanggo harmonisasi.Mas Fadjri.. sing sabar..sabar... whalah, nganti 'puisi'ne metu kabeh lho. Nganti salah ngundang, dadi kopimarning. Ning mangan marning dikancani kopi pancen enak tenan..apalagi pas morning morning..he..he


*sakjane yo mendingan ukarane kedawan mbak daripada..daripada nggawe rame. 'Ngalah' ngetik 4-5 kata tambahan,tp bs nge'save' beratus kata responsif kayak 'puisi',syair dll dibelakang.


*nek ning ngArab kene,aku diundang Endunesi,tapi polisine ora tau menthungi.. opo meneh akon-akon jongkok karo disumpah serapahi.

Sopo TEKUN nggolek TEKEN bakal TEKAN
akur...

ngatmanhore ngangkring @ 06 Dec 2007 | 23:15:33

@Fadji
akur.....akur......setuju dab.....


@Duljoni
hehe.....ndagel sampeyan lek....

@Ngatmanhore
pis man....(driji loro)...rasah melu2...
halah........

...... es teh anget.....
bravo jogja

newash ngangkring @ 07 Dec 2007 | 10:02:58

hidup slemania, jaya brajamusti, maju indonesia!
Jogja Never Ending Asia!(opomaksudte?)

apakah kita sudah benar saat kita menyalahkan orang lain?
nyuwun pangapunten

kopimorning ngangkring @ 07 Dec 2007 | 11:24:56

@Fadjri + @ duldjoni

injih kulo ngagem "indonesian" kemawon menawi langkung sekeco ing forum punika ^_^

--- dari pengalaman beberapa kali ke malingsia, kalo polis ato sebangsa itu mulai semena2... sejatinya kalo kita lawan dengan halus mereka bisa lunak, semoga sebangsa setanah air yg msh disana berani meLAWANnya ---

nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake.

::::: memento mori :::::
permisi..

lek yono ngangkring @ 12 Dec 2007 | 00:11:40

yg anget........yg anget........yg anget........nasiiii...nasiiii ayam,nasi telur,4ribu....anget.....anget....nopia..lanthing2.....kopi 2ribu...yg ngopi..yg ngopi..

oret...oret...oret... The Lek Yono
monggo...

akusigit ngangkring @ 17 Dec 2007 | 04:26:56

lek yono :

ngopy..ngopy..paste..paste..Ctrl+C..Ctrl+C...Ctrl+V..Ctrl+V..


Yup Betuls...

ngatmanhore ngangkring @ 17 Dec 2007 | 20:34:05

Sabtu kemaren aku juga sempat mampir ke Pasar Klithikan Pakuncen,...
Ya walo cuma cuci mata tok wong emang niate gitu lagian ga bawa duit...

Emang benar kata mas ableh kesan pertama masuk begitu nyaman.enak buat liat2 barang2 dagangan karena penempatan blok2 yang rapi...
Yang jelas aku krasan disana,bisa ngilangin stress....

Yang jelas kesannya kaya pasar klitikan yang bukan klitikan....( halah,....)

...... es teh anget.....
Kabare......

ferro4all ngangkring @ 18 Dec 2007 | 11:47:31

Piye kabare paser Sentir wetane Shoping center karo penjual kaset bekas neng sekitar ngejaman pojok benteng vrederburg langgananku, Kang? Isih tetap lestari opo?

Pokoke jogja is the best for mahasiswa pas2an koyo aku mbiyen kang.

Nek setres lan mumet2, it s better to bali wae neng Jogja, Dab..............
weh....

bmsatrio@yahoo.com ngangkring @ 10 Feb 2008 | 03:13:52

mas neng solo kuwi yo ono pasar klithikan lho... jenenge notoharjo...


neng pekunjeng onderdil seken ono ra??

Kapusan ning Klithikan

Waragham ngangkring @ 18 Nov 2008 | 02:46:57

Tapi nek tuku barang elektronik ning klithikan memang kudu tliti lan ngati ati. pas jaman sma aku wes tau tuku VCD player bekas 50 ewu, pas dijajal ning kono iso tur mbareng tak gowo bali kok ra iso mubeng player e. Tobat..Tobat..

...

nawiedman ngangkring @ 17 Oct 2009 | 21:14:19

Rmh q jG dkt klitikan.
Tiap hri hmpir lwt tRz..Hehehe.
Sring ke pasar klitikan pow mz?

peace
dhavi dewaruci ngangkring lali ra mbayar

dhavi dewaruci ngangkring @ 27 Jul 2010 | 05:36:14

jadi pengen hunting nih. thanks yo mas..

be a flyer is not easy
Pasar Klithikan pancen Oye

eshape ngangkring @ 24 Dec 2011 | 00:54:07

salam
pasar klithikan telah memberi warna tersendiri di wirobrajan
Sudah jadi ikon baru untuk kota Jogja.
Sudah jadi tujuan wisata di kota Jogja yang berhati nyaman.
Salam Sehati

Menu
Agenda
Member menu
Username

Password


Lost Password ?
New User Join Now
Getok Tular
» 07 Oct 2013 | 03:35:39
ngga bisa ganti avatar :(
» 05 Apr 2014 | 13:49:54
pun saget mas tixoes :D
» 18 Sep 2013 | 03:07:57
akhirnya para angkringers senior pelahan mundur karna mendekati udzur, sementara angkringers yunior sudah pindah ke cafe dan resto
» 26 Aug 2013 | 02:02:08
dalam rangka menggaet suara anak muda yg tergolong dalam barisan "Swing Vooter" maka gubernur pun nekat nonton METALICA
» 14 Aug 2013 | 03:00:14
ternyata suasana indah romadhon dan lebaran dinodai oleh ulah FPI dan penembak gelap, sementara warkop, angkringan masih tutup mudik pulang kampung
» 31 Jul 2013 | 01:56:46
awakku sik onok rek hehehe
» 18 Jul 2013 | 23:41:30
huwaloooooooooohhhh :)
» 16 May 2013 | 08:14:15
kok sepi mamring ngene yo ?
» 22 Jul 2013 | 00:12:35
do taraweh :D
Silahkan Login / Register Untuk isi shoutbox
Banner